Artikel Kesehatan | Artikel Kecantikan | Tips | Resep Hot| Bola | Teknologi dan Internet | Foto Hot

Home » , » Universitas Gadjah Mada Meluncurkan Mobil Dengan Kecepatan Mencapai 160 kmj

Universitas Gadjah Mada Meluncurkan Mobil Dengan Kecepatan Mencapai 160 kmj

Universitas Gadjah Mada (UGM) meluncurkan mobil student formula yang menggunakan mesin dasar Suzuki Thunder 250 CC (GS-250) yang kemudian di-bored up hingga 322 CC.

Mobil buatan Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknik UGM itu menjalani test drive di boulevard kompleks kampus UGM.

Driver Audi Yusuf usai menjajal performa mobil Student Formula yang diberi nama Bimasakti itu mengatakan, satu-satunya kekurangan yang masih dirasakan adalah pada sistem kemudi.

Menurut dia, mobil dengan panjang 2,4 meter itu, masih menggunakan sistem kemudi standar mobil biasa, belum memakai standar mobil balap.

Sedangkan pada sisi akselerasi, endurace dan fuel efficiency, imbuhnya, mobil yang akan menjadi peserta pertama dari Indonesia dalam kompetisi The 9th Student Formula Society of Automotive Engineers Competition of Japan itu sudah memenuhi standar.

Demikian pula kecepatannya juga sudah sesuai dengan harapan. Kecepatannya bisa pada kisaran 140-160 kmj, meski saat test drive belum menyentuh top speed.

Sayangnya, dalam test drive itu, mobil sempat mengalami kecelakaan saat menikung. Namun, kecelakaan itu hanya mengakibatkan bagian moncong atau bumper depan tergores dan retak.

Kecelakaan itu tidak berakibat fatal. Bahkan pengemudi bisa keluar dengan cepat seperti yang telah ditetapkan.

Ketua Tim Bimasakti, Akmal Irfan Madjid mengatakan, accident itu juga membuktikan kehandalan sisi keselamatan.

Menurut dia, cover fiberglass yang digunakan pada bagian depan mobil itu memang dirancang kuat menahan benturan hingga di atas 7.500 joule. (AU/OL-9)


Inilah Spesifikasi Teknis Mobil Formula UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) meluncurkan mobil student formula yang menggunakan mesin dasar Suzuki Thunder 250 CC (GS-250) yang kemudian di-bored up hingga 322 CC.

Berikut spesifikasi mobil formula UGM:

Mesin (engine) : GS 250 CC bored up to 322 CC
Frame : base material Black Pipe Steel ASTM A-53 0,2% C
Bahan body : fiberglass
Ketebalan body : 4-6 mm
Diameter ban : ring 15 inch'
Dimensi
Panjang Total : 2.400 mm
Tinggi Total : 1.050 mm
Lebar Total : 1.100 mm
Wheel base : 1.550 mm. (AU/OL-9)


• ANTARAnews

Baca Juga:

Entri Populer